Kalau Lamaran Pekerjaan yang Kamu Kirimkan Sering Ditolak, Cobalah Perbaiki CV Kamu

CV Menggambarkan Dirimu

Apakah kamu adalah salah stau orang yang sering ditolak saat mencari pekerjaan? Tenang, kamu tidak sendiri. Masih banyak orang lain yang bernasib sama dengan dirimu, jadi jangan berkecil hati. Pernahkah kamu mencari tahu penyebab yang membuat lamaran pekerjaan kamu tidak diterima? Nah, rasanya ini penting untuk kamu coba perhatikan.

Cobalah memeriksa dan mencermati kemungkinkan terbesar kenapa lamaran pekerjaan kamu susah diterima. Salah satu penyebab lamaran pekerjaan tidak diterima adalah karena cara kamu memperkenalkan diri. Kamu pasti tahu curriculum vitae, atau CV. Nah, salah satu kebocoran atau sumber masalah bagi pemula pencari kerja salah satunya adalah soal CV. Kamu ditolak bukan karena kamu tidak cocok atau berkapasitas, tapi juru seleksi tidak bisa mengenalimu secara lebih rinci.

Kalau kamu mau, ikuti tips berikut ini untuk perbaiki CV kamu agar gokil waktu cari kerja.

Sudahkah menjelaskan kemampuan utamamu?

menulis cv yang baikSaat membaca lowongan pekerjaan, pastikan kamu tahu kualifikasi apa yang dicari. Itu nanti sangat-sangat akan terkait dengan CV kamu. Seringkali pelamar pemula mengabaikan soal itu. Akibatnya, CV tidak banyak menggambarkan kualifikasi yang terkait dengan pekerjaan yang ditawarkan. Alih-alih menjelaskan kemampuan terkait, justeru terkadang malah memenuhi CV dengan kualifikasi pendukung yang tidak sepenuhnya mendukung. Contoh, kamu sibuk menulis keterampilan komputer dengan menyebut nama-nama ekstensi file.

Gambarkan Kerapihan Kerjamu dengan CV yang Urut dan Rapi

student-849827_640CV sebenarnya bisa dinilai dari bagaimana susunannya. Kamu jangan pernah menulis CV yang acak-acakan sehingga sulit dilihat mana ujung pangkalnya. Ini sama saja membuat orang yang membaca jadi malas untuk memperhatikan rincian CV kamu.

Pengalaman itu Penting 

working-1219889_640Pengalaman bekerja atau beroganisasi menjadi salah satu hal penting yang terkadang tidak dituliskan dengan baik dalam sebuah CV. Tapi jangan bilang kamu minim dalam pengalaman satu ini. Ini memang menjadi masalah mahasiswa sekarang. Terlalu serius mengerjar presensi di kelas sebanyak 75%, mahasiswa pada lupa kalau pengalaman di luar kelas itu pending paska kuliah. Sajikan pengalaman dan lingkup pekerjaan yang pernah kamu lakukan. Ini pasti akan membantu kamu.

Rekomendasi yang cukup

entrepreneur-1001611_640Jika dibutuhkan, kamu bisa menambahkan daftar orang yang dapat merekomendasikan dirimu dalam CV. Hal ini dapat dilakukan untuk memperkuat CV kamu. Saat pemeriksa CV kamu membutuhkan keterangan tambahan, maka dia bisa saja bertanya kepada orang yang merekomendasikan kamu. Jadi, pastikanlah kamu memiliki relasi dengan orang-orang yang dapat memberikan penilaian positif kepada kamu sebagai nilai tambah.

 

 

 

 

Berbagi dan Diskusi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *