Tempat Wisata Romantis di Purbalingga Ini Layak Kamu Kunjungi Bareng Pasangan

Lumayan, kalau putus ada kenangan

Purbalingga, salah satu kabupaten di wilayah Jawa Tengah ini ternyata menyimpan sejuta pesona alam yang menakjubkan. Selain tempat wisata seperti goa lawa dan owabong yang sudah akrab di telinga wisatawan, kota perwira ini masih memiliki tempat-tempat wisata tersembunyi yang layak untuk kamu kunjungi.

Tempat wisata tersembunyi di Purbalingga ini sedang hits awal tahun 2016. Banyak wisatawan datang dari luar daerah, untuk berburu suasana romantisme perbukitan Purbalingga yang sering digunakan untuk selfie.

Tempat-tempat romantis ini sangat cocok untuk selfie maupun berfoto bersama pasangan, sampai-sampai ada juga yang menjadikannya sebagai tempat foto pre wedding. Buat kamu yang bingung nyari tempat romantis untuk pikinik bareng pasangan, tempat berikut ini bisa kamu coba untuk dikunjungi.

Memandang Kota Purbalingga dari Igir Wringin

sumber : tantodanardwi.blogspot.co.id
sumber : tantodanardwi.blogspot.co.id

Igir wringin merupakan sebuah puncak perbukitan yang berlokasi di Desa Wisata Panusupan, Kecamatan Rembang Purbalingga. Destinasi wisata ini baru dibuka akhir tahun 2015 dan sudah bisa menyedot ribuan wisatawan untuk berkunjung ke sana.

Tempat wisata yang berada di wilayah timur Purbalingga ini lebih baik kamu tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi agar lebih mudah. Jika sudah sampai di Desa Wisata Panusupan, pengunjung harus mendaftar terlebih dahulu di pos pendafataran dengan tarif RP 5.000,- setiap pengunjung.

Lokasi Igir Wringin yang berada di puncak perbukitan mengharuskan pengunjung untuk jalan kaki. Jadi buat kamu yang mau ke Igir Wringin, lebih baik siapkan stamina dan bekal minuman yang cukup. Jarak tempuh dari pos pendafataran sampai ke puncak ditempuh dengan waktu kurang lebih 1,5 jam, menyusuri jalan setapak dengan kemiringan 70 – 90 derajat.

Tapi jangan keburu putus asa dulu, sesampai di puncak rasa lelah akibat perjalanan yang lumayan berat akan terbayar dengan pesona alam romantisme pegunungan. Kamu bisa naik ke rumah pohon yang telah disediakan oleh pengelola wisata, jangan lupa untuk berselfie biar ada kenangan atas usahamu mendaki perbukitan Purbalingga.

Romantisme Jembatan Atas Awan Purbalingga

sumber : catatanery.blogspot.co.id
sumber : catatanery.blogspot.co.id

Jembatan Atas Awan, dari namanya saja sudah terbayang kan tempat wisata yang satu ini. Jembatan atas awan yang sedang hits jadi buruan wisatawan ini berada di Dusun Karang Gedang, Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Purbalingga. Tempat ini dikenal dengan nama Puncak Sendaren.

Jika ingin berkunjung ke lokasi, pengunjung lebih baik menuju ke Desa Rajawana, Kecamatan Karangmoncol terlebih dahulu. Setelah itu melanjutkan perjalanan ke Dukuh Karang Gedang, Desa Panusupan. Perjalanan ke puncak sendaren lokasi jembatan atas awan berada harus ditempuh dengan jalan kaki dari pos utama yang sudah disediakan pengelola wisata setempat. Tarif masuk ke lokasi hanya dipungut biaya RP 5.000,- untuk setiap pengunjung.

Perjalanan dari pos utama bisa ditempuh dalam waktu satu jam dengan medan yang tidak terlalu terjal. Tapi disarankan pengunjung untuk menggunakan sepatu atau sandal gunung agar lebih nyaman saat berjalan. Sepanjang perjalanan, pengunjung akan disuguhi pemandangan perbukitan khas pegunungan dengan semilir angin segar pegunungan.

Sesampai di Puncak Sendaren, pengunjung bisa langsung melihat jembatan dengan panjang sekitar 10 meter yang berada di puncak perbukitan. Jembatan inilah yang dikenal dengan Jembatan Atas Awan. Jembatan ini memang sengaja dibuat oleh pengelola wisata untuk menarik minat pengunjung. Pengunjung bisa berselfie dengan latar belakang pemandangan perbukitan yang nampak seperti lukisan dengan hijaunya pemandangan alam.

Menikmati Suasana Ceria Jembatan Pelangi

sumber : kangenwisata.blogspot.co.id
sumber : kangenwisata.blogspot.co.id

Berbeda dengan Igir Wringin dan Jembatan Atas Awan yang berada di ketinggian, Jembatan Pelangi bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Lokasinya berada di Dusun Sumingkir, Kecamatan Rembang, Purbalingga.

Jembatan Pelangi sebenarnya adalah jembatan yang dibangun tahun 1977 sebagai hadiah dari Supardjo Rustam, Gubernur Jawa Tengah saat itu atas kebaikan warga Dusun Sumingkir yang telah membantunya selama mengungsi pada jaman penjajahan. Jembatan ini merupakan akses masyarakat setempat untuk melakukan ragam aktivitas kesehariannya.

Namun karena dianggap sudah tidak layak dilalui kendaraan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah membangunkan jembatan permanen baru yang berdekatan dengan lokasi jembatan gantung ini. Jembatan lama yang sudah tidak digunakan untuk aktvitas kendaraan inilah yang kemudian disulap menjadi jembatan pelangi oleh para pemuda setempat.

Jembatan gantung sepanjang 60 meter ini dicat dengan beragam warna seperti pelangi yang memberikan suasana ceria bagi pengunjung yang datang ke sana. Pengelola Jembatan Pelangi menerapkan aturan yang harus dipatuhi pengunjung, karena pertimbangan kondisi jembatan yang sudah tua. Di antaranya seperti melepaskan alas kaki, tidak boleh mencorat-coret dan tidak boleh melebihi kapasitas pengunjung yang berada di atas jembatan.

Nah, buat kamu yang pengen berkunjung ke tempat wisata romantis di Purbalingga, tiga tempat di atas bisa kamu coba untuk mengisi akhir pekanmu bersama pasangan atau keluarga. Bagi kamu yang masih jomblo, lebih baik jangan berkunjung sendirian. Karena kamu bisa gigit jari melihat romantisnya para pengunjung yang berselfie dengan pasangan atau keluarga.

Berbagi dan Diskusi

Written by Yudi Setyadi

Penyuka kopi dan gunung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *