Apa Sih Artinya Baper, Mager dan Gabut?

Jangan keburu baper, kepoin aja dulu

Perkembangan sosial media di Indonesia ternyata juga mempengaruhi penggunaan istilah bahasa yang digunakan. Saat berinteraksi dengan teman di sosial media, kita sering dibuat bingung dengan penggunaan istilah-istilah tertentu.

Ada yang menggunakan istilah alay yang sengaja dibuat-buat, ada juga yang menggunakan istilah merupakan akronim dari kalimat tertentu. Baper, mager dan gabut misalnya, istilah ini populer digunakan di sosial media pada akhir 2015 an.

Tiga istilah ini pun kian populer, seiring dengan pengguna sosial media yang terus berkembang. Apa kamu sudah tahu apa artinya baper, mager dan gabut?. Kalau kamu belum tahu, ini penjelasannya.

Apa itu Baper?

sumber : liriklagu-disini.blogspot.co.id
sumber : liriklagu-disini.blogspot.co.id

Istilah baper sebetulnya tidak memiliki arti yang jelas dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Tapi istilah ini sudah populer digunakan oleh masyarakat Indonesia. Bukan hanya di sosial media, dalam pergaulan keseharian pun istilah baper acap kali digunakan.

Baper merupakan akronim dari “Bawa Perasaan”. Baper digunakan untuk menyebut seseorang yang terlalu membawa perasaannya dalam menanggapi sikap atau perkataan orang lain yang dianggap berkaitan dengan perasaannya.

Contohnya begini :

Dewi : Adam, aku pinjem laptopmu yaa. Eh ini paswordnya apa?

Adam : NAMAMU

Dewi : Namaku?, Beneran?. Jadi selama ini kamu pakai namaku untuk pasword lapotopmu?

Adam : Haduuhh dasar baper!. Maksudnya ketik kata “NAMAMU”.

Dewi : Hehehe.. kirain. Jadi malu

Arti Mager?

sumber : inibloghandry.wordpress.com
sumber : inibloghandry.wordpress.com

Sama halnya dengan istilah baper, mager juga sebetulnya belum ada artinya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Mager merupakan akronim dari “Males Gerak”. Istilah ini biasa digunakan untuk menolak ajakan orang lain karena sedang merasa nyaman dengan aktivitas yang sedang dilakukan.

Contohnya begini :

Adam : Kita pindah aja yuk dari sini. Di sebelah sana pemandangannya lebih bagus.

Dewi : Mager lah, bokongnya udah nempel di sini.

Arti Gabut?

sumber : pixabay.com
sumber : pixabay.com

Istilah gabut populer digunakan untuk mengungkapkan perasaan yang lagi bete atau badmood. Namun berbeda dengan baper dan mager, gabut bukan merupakan akronim dari kata atau kalimat tertentu. Meski banyak yang mengartikan kalau gabut adalah akronim dari “gaji buta”, tapi penggunaan istilah gabut lebih banyak digunakan untuk menunjukan perasaan orang yang sedang tidak ingin melakukan aktivitas apa pun.

Contohnya begini :

Adam : Kita joging yuk. Biar segar badannya.

Dewi : Joging sendiri aja sana lah, gabut nih.

Meski ketiga istilah ini tidak memiliki makna atau penjelasannya yang pasti, tapi istilah ini sudah populer digunakan oleh masyarakat dalam pergaulannya. Kalau baca Kepo.id jangan sampai baper ya, mendingan kepoin aja.

Berbagi dan Diskusi

Written by Yudi Setyadi

Penyuka kopi dan gunung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *